Ini Efek Buruk Begadang yang Sering Diabaikan, Padahal Bisa Bikin Pikun

Kebiasaan begadang memberikan efek buruk bagi kesehatan. Namun ada banyak dari kita yang tak sadar dengan dampak buruk ini.

Efek begadang seringkali membuat kita lemas dan tidak bergairah untuk melakukan aktivitas di siang hari. Keseringan begadang juga akan memberikan dampak buruk bagi kesehatan dalam jangka panjang. Berikut ini efek buruk begadang yang perlu diketahui:

Berkurangnya daya ingat

Keseringan begadang dapat mempengaruhi daya ingat. Hal tersebut terjadi karena otak kita dari awal mempunyai sistem menyimpan memori yang kuat terlebih ketika tidur, otak memproses dengan seoptimal mungkin memori yang sudah didapat sebelumnya.

Sebaliknya ketika kita tidak tidur malam, otak terganggu karena asupan memori terus bertambah dan tidak mempunyai waktu yang cukup untuk dioptimalkan secara lebih mendalam agar melekat di pikiran kita. Akibatnya kita menjadi sering lupa akan hal-hal kecil sekalipun.

Bikin gemuk

Kegemukan juga bisa disebabkan dari begadang. Ketika sering tidak tidur malam bobot tubuh menjadi bertambah seiring berjalannya waktu akibat metabolisme tubuh terganggu. Itulah mengapa perut kita sering lapar jika begadang dan pola makan akan menjadi rusak.

Penyebab kanker

Menurut penelitian beberapa ahli menunjukkan keseringan tidak tidur malam dapat merusak sel-sel tubuh yang mengakibatkan meningkatnya resiko kanker.

Imun tubuh menurun

Imunitas dalam tubuh ada karena kualitas tidur yang baik dalam jangka waktu 8-9 jam, sebaliknya tidur yang kurang dari jam tersebut dapat mengurangi sistem imun kita terhadap bakteri dan virus yang Dapat menjangkiti kita kapanpun. Akibatnya kita menjadi rentan akan penyakit, dan membuat tubuh kita menjadi lemah dalam segi ketahanan tubuh.

Kulit jadi kusam

Menurut dr. Dwi Maryani, SpKK dari klinik Glowderma keseringan begadang dapat mempengaruhi kulit kita dalam tingkat kecerahannya. Hal tersebut terjadi karena tingkat kortisol dalam kulit akan meningkat dikarenakan kurang tidur.

Akibatnya hormon-hormon pada sel kulit menjadi terganggu dan dapat menyebabkan kurangnya tingkat kecerahan kulit yang menjadi kusam.

Penyebab gangguan pada mata

Dampak begadang yang sering dilakukan dapat dilihat dari mata. Merupakan ciri fisik yang paling jelas ketika sering tidak tidur malam.

Mata menjadi merah atau putih kekuningan Kuningan yang disebabkan karena mata terus terusan mencerna apa yang kita lihat apalagi begadang dibarengi dengan bermain gadget. Mata pun menjadi kurang istirahat dan menyebabkan sel-sel pada mata menjadi terganggu.

Itulah efek buruk begadang yang perlu diketahui. Ingat mencegah lebih baik daripada mengobati.

Contact Us