Profil Shen Yinhao: Wasit Kontroversial di Pertandingan Indonesia U-23 vs Uzbekistan U-23 Semifinal Piala Asia

Pada pertandingan semifinal Piala Asia U-23 2024 antara Timnas Indonesia U-23 dan Uzbekistan U-23 yang berlangsung pada 29 April 2024, sorotan publik tertuju pada seorang wasit, Shen Yinhao.

Shen Yinhao, seorang wasit sepak bola profesional asal Tiongkok, lahir pada 6 November 1986 di Shanghai. Sejak 2018, ia telah menjadi wasit FIFA dan memimpin berbagai pertandingan, termasuk di Liga Super Tiongkok, Liga Champions AFC, dan Piala Dunia U-20 FIFA.

Penunjukan Shen Yinhao sebagai wasit utama dalam pertandingan tersebut memicu kontroversi karena beberapa keputusan yang dianggap kontroversial, seperti anulir gol, tidak memberikan penalti kepada pemain Indonesia, dan beberapa pelanggaran yang tidak diberikan kepada pemain Uzbekistan.

Kinerja Shen Yinhao dalam pertandingan tersebut mendapat kritik dari penggemar sepak bola Indonesia, terutama di media sosial, dengan banyak yang mempertanyakan keadilan dan profesionalismenya.

Beberapa pihak bahkan menuduhnya memihak Uzbekistan, mengingat sejarahnya dalam memimpin pertandingan yang melibatkan Timnas Indonesia di SEA Games 2023.

Meski demikian, ada juga yang membela Shen Yinhao dengan menyatakan bahwa keputusannya didasarkan pada pertimbangan yang matang dan sesuai dengan peraturan yang berlaku.

Kontroversi yang melibatkan Shen Yinhao telah menimbulkan kekecewaan bagi banyak pihak, terutama penggemar Timnas Indonesia, dan dapat berdampak pada citra dan kredibilitas turnamen Piala Asia U-23 2024. Meskipun memiliki reputasi baik, kinerja Shen Yinhao dalam pertandingan tersebut telah menimbulkan banyak kontroversi dan kritik.

 

sumber : PR Jabar

Contact Us